Kisi-kisi Bahasa Indonesia
1. Pengertian Proposal
Proposal
adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.
2. Struktur Proposal Kegiatan
a. Nama Kegiatan
b. Pengantar/pendahuluan, yang
berisi tentang latar belakang atau alasan suatu kegiatan dilaksanakan.
c. Tujuan, apa yang hendak dicapai
melalui kegiatan tersebut.
d. Bentuk/jenis/macam kegiatan.
e. Pelaksanaan/waktu dan tempat
pelaksanaan (dilengkapi jadwal dan denah tempat/ruang terlampir).
f. Susunan oanitia/tim pelaksana
(biasanya ditulis dalam lampiran).
g. Peserta atau sasaran.
h. Biaya/dana.
- Jumlah dana yang dibutuhkan.
- Perincian/pemerolehan dana.
- Rencana alokasi dana (perinci sumber dan penggunaan dana sebagai lampiran).
i. Harapan yang diinginkan.
j. Lampiran.
Hal-hal yang perlu dilampirkan:
- Surat keputusan/penunjukan
- Susunan panitia
- Perincian biaya
- Jadwal kegiatan
- Peta/denah tempat kegiatan dilaksanakan
- Gambar/foto/bukti tertulis yang
berkaitan dengan kegiatan
- Formulir sumbangan (hanya untuk
proposal yang berisi permintaan sumbangan).
3. Struktur Proposal Penelitian
a. Latar belakang.
b. Rumusan masalah.
c. Tujuan penelitian.
d. Asumsi.
e. Hipotesis.
f. Metode penelitian.
g. Lokasi dan sampel penelitian.
h. Jadwal penelitian.
i. Biaya penelitian.
j. Daftar pustaka.
4. Kerangka
atau draf penulisan karya ilmiah secara umum adalah sebagai berikut:
a. Pendahuluan, meliputi latar belakang permasalahan, tujuan pembuatan karya tulis,
manfaat penulisan karya ilmiah, dan hal-hal lain yang membuka jendela menuju
permasalahan.
b. Permasalahan, meliputi masalah yang diuraikan dalam tema.
c. Uraian pembahasan, memuat pembahasan permasalahan yang ditulis pada bagian
permasalahan, baik berupa permasalahan tunggal maupun sub-submasalah.
d. Penutup, bagian akhir karya ilmiah yang berupa simpulan dan atau saran
5. Tujuan
penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
a. Sebagai wahana melatih
mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian secara sistematis dan metodologis
dalam bentuk tulisan ilmiah.
b. Menumbuhkan etos ilmiah di
kalangan pelajar/mahasiswa.
c. Menjadi wahana transformasi
pengetahuan antara sekolah dan masyarakat, atau orang-orang yang berminat
membacanya.
d. Membuktikan potensi dan wawasan
ilmiah yang dimiliki pelajar/mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan
masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah bersangkutan memperoleh pengetahuan
dan pendidikan.
e. Melatih keterampilan dasar
untuk melakukan penelitian.
6. Struktur Teks Resensi
a. Judul resensi,b. Identitas buku yang di resensi
c. Pendahuluan (meperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain.Inti/isi resensi
d. Inti/isi resensi
e. Keunggulan buku
f. Kekurangan buku
g. Penutup
7. Kaidah Kebahasaan Teks Resensi
a. Banyak menggunakan konjungsi
penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
b. Banyak menggunakan konjungsi
temporal: sejak, semenjak, kemudian,
akhirnya.
c. Banyak menggunakan konjungsi penyebababan: karena, sebab.
d. Menggunakan
pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasipada bagian akhir teks.
Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus,
hendaknya.
8. Struktur Drama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar