Post Page Advertisement [Top]

Kisi-kisi Bahasa Indonesia



1. Pengertian Proposal
Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.



2. Struktur Proposal Kegiatan
a. Nama Kegiatan
b. Pengantar/pendahuluan, yang berisi tentang latar belakang atau alasan suatu kegiatan dilaksanakan.
c. Tujuan, apa yang hendak dicapai melalui kegiatan tersebut.
d. Bentuk/jenis/macam kegiatan.
e. Pelaksanaan/waktu dan tempat pelaksanaan (dilengkapi jadwal dan denah tempat/ruang terlampir).
f.  Susunan oanitia/tim pelaksana (biasanya ditulis dalam lampiran).
g. Peserta atau sasaran.
h. Biaya/dana.
-   Jumlah dana yang dibutuhkan.
-   Perincian/pemerolehan dana.
-   Rencana alokasi dana (perinci sumber  dan penggunaan dana sebagai lampiran).
i.  Harapan yang diinginkan.
j.  Lampiran.
Hal-hal yang perlu dilampirkan:
-  Surat keputusan/penunjukan
-  Susunan panitia
-  Perincian biaya
-  Jadwal kegiatan
-  Peta/denah tempat kegiatan dilaksanakan
-  Gambar/foto/bukti tertulis yang berkaitan dengan kegiatan
-  Formulir sumbangan (hanya untuk proposal yang berisi permintaan sumbangan).

3. Struktur Proposal Penelitian
a. Latar belakang.
b. Rumusan masalah.
c. Tujuan penelitian.
d. Asumsi.
e. Hipotesis.
f.  Metode penelitian.
g. Lokasi dan sampel penelitian.
h. Jadwal penelitian.
i.  Biaya penelitian.
j.  Daftar pustaka.

4. Kerangka atau draf penulisan karya ilmiah secara umum adalah sebagai berikut:
a. Pendahuluan, meliputi latar belakang permasalahan, tujuan pembuatan karya tulis, manfaat penulisan karya ilmiah, dan hal-hal lain yang membuka jendela menuju permasalahan.
b.  Permasalahan, meliputi masalah yang diuraikan dalam tema.
c. Uraian pembahasan, memuat pembahasan permasalahan yang ditulis pada bagian permasalahan, baik berupa permasalahan tunggal maupun sub-submasalah.
d.  Penutup, bagian akhir karya ilmiah yang berupa simpulan dan atau saran

5. Tujuan penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
a. Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitian secara sistematis dan metodologis dalam bentuk tulisan ilmiah.
b.  Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan pelajar/mahasiswa.
c.  Menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
d. Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki pelajar/mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan.
e.  Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

6. Struktur Teks Resensi
a. Judul resensi,
b. Identitas buku yang di resensi
c. Pendahuluan (meperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain.Inti/isi resensi
d. Inti/isi resensi
e. Keunggulan buku
f.  Kekurangan buku
g. Penutup



7. Kaidah Kebahasaan Teks Resensi
a. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.
b. Banyak menggunakan konjungsi temporal: sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
c. Banyak  menggunakan konjungsi penyebababan: karena, sebab.
d. Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasipada bagian akhir teks. Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya.

8. Struktur Drama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Section

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib